Wednesday 15 May 2013

Seputar MPJR - Ballast Bed Cleaning Machine


Kali ini saya akan membahas tentang Ballast Bed Cleaning Machine, masih dalam keluarga MPJR juga..  Mesin yang satu ini tentunya punya peran yang sangat penting di dunia perkeretaapian terutama di urusan Geometri Jalan Rel... Kenapa bisa disebut penting? Kita bahas yuk :)


Ballast Bed Cleaning Machine itu mesin apaan?
Dari namanya bisa kita baca ada kata "cleaning" yang berarti "pembersih" atau "membersihkan", jadi jelas kalau peran mesin ini adalah "tukang bersih-bersih".. Dan bisa kita lihat juga ada kata "Bed".. Eits tunggu dulu, "Bed" disini bukan bermakna "Kasur" seperti umumnya tapi kata "Bed" disini bermakna "Fondasi", "Struktur dasar" atau "Lapisan dasar".. Jadi apabila diartikan secara menyeluruh "Ballast Bed Cleaning Machine" adalah "Mesin Pembersih Fondasi Ballast".. Mungkin selama ini kita mengira kalo batu ballast itu langsung ditebar diatas tanah, padahal sebenarnya tidak.. Sebelum batu ballast ditebar, terlebih dahulu dibuat  fondasi atau lapisan ballast atas yang bisa terdiri dari kerikil halus, kerikil sedang atau pasir kasar.. Fungsinya adalah sebagai lapisan pembatas antara lapisan ballast atas (yang menjadi tempat bantalan dan rel) dengan lapisan ballast bawah yang berada di paling bawah. Lapisan ballast atas harus mampu meluluskan air/dapat mengalirkan air agar tidak terjadi genangan di permukaan yang bisa berakibat berubahnya geometri jalan rel.

Fungsinya buat apa? 
Fungsi dari mesin ini adalah membersihkan ballast atas yang kotor. Kotor disini bermakna sudah tercampur dengan berbagai partikel-partikel kecil (misalnya pasir, pecahan ballast) yang mengakibatkan struktur ballast bawah memadat dan tidak mampu meluluskan air sehingga air bisa menggenang. Apabila ada genangan air, struktur diatasnya pasti berubah.. Yang asalnya rata pasti ada yang sedikit amblesan.. Dan tentunya dikhawatirkan dapat mengancam keselamatan kereta api yang lewat.. Disamping untuk membersihkan ballast bawah, mesin ini juga bisa membersihkan lapisan ballast atas.. Untuk tipe-tipe tertentu bisa melakukan pembersihan lapisan ballast atas dan bawah dalam sekali beroperasi.

Kalo mesin ini dibagi lagi jadi beberapa tipe lagi gak?
Mesin ini masih dibagi lagi kedalam 5 jenis.. Yaitu Ballast Cleaning Machine with Supply Of New Ballast, Ballast Cleaning Machine without Supply Of New Ballast, Shoulder Cleaning Machine, Sand Removal Machine dan Vacuum Scrapper Excavator. Nah dari masing-masing jenis, masih dibagi lagi menjadi beberapa tipe.. Kalau saya tampilkan tipe-tipenya mungkin bisa dilihat pada tabel dibawah ini :


Kenapa tidak saya jelaskan dalam kalimat? Soalnya nanti pastinya jadi agak panjang dan takutnya malah bikin mumet hehehehe...
Prinsip kerja sama cara kerjanya kayak gimana ya?
Prinsip kerjanya sama kayak mesin sortir, soalnya di dalem mesin ada tempat buat pemilah/penyaring buat memisahkan ballast-ballast yang berukuran terlalu besar, terlalu kecil, dan ballast yang siap pakai kembali.. Standar ukuran ballast yang dipakai adalah yang berukuran antara 20-60mm, diluar itu ballast akan dipisahkan.. Unutk jenis Bllast Cleaning with Supply of New Ballast dan Ballast Cleaning without Supply of New Ballast cara kerjanya adalah mesin "mengupas" lapisan ballast atas dengan menggunakan Chain Excavator (semacam conveyor tapi terdiri dari ratusan sekop kecil) untuk kemudian di proses di screener unit atau unit penyaringan.. Setelah itu, Chain Excavator kedua diturunkan untuk mengeruk ballast bawah untuk kemudian diproses lebih lanjut di dalam screening unit. Di dalam screening unit ballast yang masih kotor dipisahkan berdasarkan ukuran dengan menggunakan saringan kawat baja dibantu dengan getaran/vibrasi. Ballast yang tidak sesuai dengan ukuran dibuang ke pinggir rel atau ditransfer menuju gerbong pengangkut yang dirangkaikan menggunakan conveyor. Sedangkan ballast yang masuk kedalam kriteria ballast bersih ditransfer menuju returning conveyor yang tepat berada dibelakang chain excavator. 
Untuk jenis Shoulder Cleaning Machine cara kerjanya sama, namun yang berbeda ia "mengupas" ballast yang berada di bahu rel (shoulder) saja, tidak melakukan pengupasan menyeluruh. Untuk jenis Sand Removal Machine, mesin ini bekerja sama seperti mesin bajak salju/Snow Plow Train, tetapi untuk pembuangan pasirnya adalah dengan menggunakan conveyor, bukan disemburkan seperti Snow Plow Train. Untuk tipe Vacuum Scrapper Excavator, prinsip kerjanya sama seperti Vacuum Cleaner yang ada dirumah, mesin ini menyedot ballast dengan menggunakan "belalai" yang dimilikinya.. Ballast yang sudah dihisap diteruskan menuju tempat penampungan yang apabila kapasitasnya sudah terpenuhi bisa dikosongkan untuk kemudian ditransfer menuju gerbong pengangkut dengan menggunakan conveyor.
Bisa ditampilkan video atau foto-fotonya? 
Tentu saja, seperti biasa saya tampilkan foto dan video berikut dengan sumbernya :
Mesin tipe RM2002
SUMBER
Chain Excavator milik RM2002
SUMBER
Mesin tipe RM800 Super 3S
SUMBER

Screening Unit milik RM800 Super 3S
SUMBER
Jenis Shoulder Cleaning Machine tipe FRM802
SUMBER
Mesin jenis Sand Removal Machine tipe SRM500
SUMBER
Jenis Vacuum-Scrapper Excavator tipe VM170 Jumbo
SUMBER

Plasser & Theurer RM80 - 750









No comments:

Post a Comment