Friday, 3 May 2013

Seputar MPJR - Sejarah Plasser & Theurer

Kemarin saya sudah mempost tentang pengertian Mesin Perawatan Jalan Rel, nah sekarang saya mau nyoba menjelaskan sedikit tentang Plasser & Theurer, brand MPJR yang paling mendominasi di dunia perawatan jalan rel sejak lama :)


Sejarah singkat Plasser & Theurer
Plasser & Theurer pertama kali diciptakan pada tahun 1953 oleh 9 orang, yaitu Josef Theurer, Franz Plasser dan  orang lainnya di negara Austria.. Markas besarnya berada di Vienna, Austria dan mempunyai cabang di  6 negara lain yaitu Australia, Inggris, Amerika, India, Italia dan Jerman.. Sejak pertama berdiri Plasser & Theurer sudah memproduksi lebih dari 14.900 mesin berat dan mensuplainya ke lebih dari 100 negara dan telah memiliki lebih dari 2000 hak paten untuk bidang mekanik berat perawatan jalan rel.


  • 1953 : Pertama kali membuat Mesin Pemadat Batu Ballast dibawah Bantalan (Track Tamping Machine) HGL
  • 1954 : Mematenkan penerapan getaran/vibrasi pada alat pemadat batu ballast (Tamping Unit)
  • 1955 : Menciptakan Hydraulic Track Tamping Machine tipe VKR 01, dan mulai memasarkan untuk pertama kalinya ke negara Jerman
  • 1956 : Sudah mengekspor mesin beratnya ke 5 negara
  • 1957 : Pertama kalinya mengekspor ke Inggris dan Amerika Serikat
  • 1958 : Membangun pabrik baru di Kompleks Perindustrian Linz, Austria dan Memiliki anak perusahaan di Kanada
  • 1959 : Pertama kali menciptakan Non-Railway Ballast Cleaning Machine 
  • 1960 : VKR04, Track Tamping Machine pertama di dunia yang mampu melakukan angkatan/pertinggian (levelling) dan Membangun cabang di negara Jerman, Prancis dan Inggris
  • 1961 : Menciptakan mesin VKR04 yang dilengkapi Dinding Kedap Suara (Sound Proofed) dan memilik anak perusahaan di Amerika Serikat
  • 1962 : Menciptakan Tamping Machine untuk wesel (Switches) untuk pertama kalinya, tipe WE75 dan WE275
  • 1963 : Memperluas produksi dengan membangun pabrik baru di Freilassing (Jerman), dan membuka cabang di Purkersdorf, dekat Vienna
  • 1964 : Menciptakan RM62, Ballast Cleaning Machine (On Rail) yang sudah Full Mechanised
  • 1965 : Menciptakan Duo-Matic Series, Tamping Machine dua bantalan sekaligus pertama di dunia
  • 1966 : Mendirikan cabang di negara India
  • 1967 : Menciptakan MDZ Mechanised Maintance Train, Gabungan 3 Mesin untuk mengoptimalkan perawatan jalan rel dalam sekali operasi
  • 1968 : SUZ2000, High-Speed Track Laying machine pertama yang menggunakan metode perakitan
  • 1969 : Perluasan Pabrik Utama di Linz, mendirikan Workshop Perakitan dan Pengelasan
  • 1970 : 07 Series, Tamping Machine yang menggunakan Desain Standar Perkeretaapian Internasional dan membuka Pabrik baru untuk Plasser American Company di Chesapeake, Virginia
  • 1971 : Membuka cabang di Brazil dan Jepang
  • 1972 : Plassermatic 07-275, Tamping Machine untuk wesel (Switches) yang mampu melakukan Angkatan ?(Levelling) dan Listringan (Lining)
  • 1973 : Menciptakan Rail Welding Machine atau Mesin Las Rel pertama kali di Dunia, tipe K355APT
  • 1974 : Mendirikan worksop tamping di Linz
  • 1975 : Menciptakan Continous Ballast Cleaning Machine yang bisa beroperasi di Wesel, Perlintasan dan Plain Track untuk pertama kalinya di dunia dan Dynamic Trak Stabilizer
  • 1976 : Membuat On-Board computer untuk menghitung pertinggian (Levelling) dan Lestrengan (Lining)
  • 1977 : Membuat Rail Crane di Inggris
  • 1978 : Menciptakan Universal Ballast Cleaning Machine tipe ZRM77 dan ZRM79 yang mampu beroperasi On-Track dan Off-Track, dan Menciptakan Rail Grinding & Rail Planning Machine. Tipe SBM100 dan SSM60
  • 1979 : 08-32/275 Universal Tamping Machine untuk perawatan Wesel dan Track dalam sekali beroperasi
  • 1980 : Membuka Pabrik baru di Australia dan Brazil
  • 1981 : 26 Februari 1981, Kereta Cepat TGV memecahkan rekor kecepatan 380km/jam diatas Track yang dibangun menggunakan mesin Produksi Plasser & Theurer
  • 1982 : Menciptakan Rail Grinding & Planning Machine tipe SBM111 dan menciptakan High-Speed Track Laying Machine SUM 1000 I
  • 1983 : Menciptakan 09 CSM Series, Continous Action Levelling, Lining and Tamping Machine | UNIMAT : Universal Levelling, Lining and Tamping Machine dengan tamping unit  yang bisa dimiringkan secara individual untuk beroperasi di Wesel dan Track Biasa
  • 1984 : GVA Computer, Komputer untuk perhitungan pertinggian dan lestrengan pertama
  • 1985 : Menciptakan Kereta Ukur Jalan Rel untuk Perusahaan Perkeretaapian Italia
  • 1986 : Menciptakan Mesin Pembersih Bahu Rel (Shoulder Cleaning Machine) tipe FRM100
  • 1987 : Membuat EM120-SAT Track Surveying Car
  • 1988 : UNIMAT 08-275 3S, Universal Tamping Machine yang dilengkapi Three-Rail-Lifting
  • 1989 : Mengembangkan ALC Computer untuk mengontrol dan merekam hasil kerja mesin
  • 1990 : MTW100.017, Catenary Renewal Train pertama di dunia, dengan kemampuan untuk memasang kabel LAA (Listrik Aliran Atas) dan mengatur tegangan kabel
  • 1991 : Menciptakan BDS (Ballast Distribution System) Machine
  • 1992 : Membuat EM250, Kereta Ukur Jalan Rel yang mampu beroperasi pada kecepatan 250KM/jam
  • 1993 : Unimat 09-32 4S, Continous Tamping Machine dua bantalan yang bisa beroperasi di Wesel dan Plain Track pertama di dunia
  • 1994 : VM150, Jumbo Scrapper Excavator pertama di Dunia
  • 1995 : RM802, Ballast Cleaning Machine pertama yang dilengkapi kemampuan untuk mengganti ballast lama dengan ballast baru
  • 1996 : 09-3X Tamping Express, Continous Action Tamping Machine 3 bantalan pertama dengan kapasitas 2.200m/jam
  • 1997 : 11.000 mesin berat tipe 09-32CSM sudah berhasil diproduksi
  • 1998 : Menciptakan AFKM, Automatic Track Finishing Machine dan RM900, High Capacity Ballast Cleaning Machine
  • 1999 : UNIMAT SPRINTER MF, Universal Tamping Machine yang dilengkapi sensor untuk mendeteksi titik-titik yang kurang tepat
  • 2000 : RPM2000, Formation Rehabilitation Machine yang dilengkapi Pembersih Ballast
  • 2001 : Menciptakan Tamping Machine 09-3X yang dilengkapi dengan Track Stabilizer
  • 2002 : APT600, Rail Welding Machine yang dilengkapi pengatur ketegangan rel
  • 2003 : SUZ500UVR, High Speed Relaying Train untuk Renewal, Laying dan Removal 
  • 2004 : UNIMAT 09-32 4S, Continous Action Tamping Machine untuk Wesel dan Plaing track dan dilengkapi Track Stabilizer
  • 2005 : Menciptakan 09-4x Tamping Express, Tamping Machine 4 bantalan yang dilengkapi Track Stabilizer 
  • 2006 : 09-475/4S, Universal Tamping Machine untuk Wesel dan Plain Track
  • 2007 : 3 April 2007, Rekor kecepatan terbaru dipecahkan TGV dengan kecepatan 547.8km/h diatas track yang dibangun oleh mesin Plasser & Theurer
  • 2008 : Lebih dari 100 unit 09-3X terjual ke seluruh dunia
  • 2009 : PRM 100 URM, Formation Rehabilitation Machine., yang mampu meningkatkan jumlah ballast yang di daur ulang dengan menggunakan 3 chain excavator
  • 2010 : SUM Q-3, High Speed Relaying Train yang dilengkapi Ballast Transporter
  • 2011 : APT1500 RA, Robotic Rail Welding Machine dengan menggunakan teknik Flash Butt Welding 
  • 2012 : RM802/FRM802, Ballast Cleaning Machine yang sudah dilengkapi teknologi mutakhir
  • 2013 : Lebih dari 14.900 Unit mesin berat telah terjual ke 108 negara, dengan total 1.650 di Pabrik Utama (Austria), dan total luas area produksi adalah 250.000m^2

Sekian postingan saya mengenai Sejarah Plasser & Theurer, semoga postingan saya bermanfaat buat yang membaca :)

3 comments:

  1. apakah indonesia memebeli track laying dari perusahaan itu ?

    ReplyDelete
  2. Apakah di indonesia mempunyai cabang dari Plasser & Theurer yang pusatnya di austria?

    ReplyDelete