Sejarah singkat Plasser & Theurer
Plasser & Theurer pertama kali diciptakan pada tahun 1953 oleh 9 orang, yaitu Josef Theurer, Franz Plasser dan orang lainnya di negara Austria.. Markas besarnya berada di Vienna, Austria dan mempunyai cabang di 6 negara lain yaitu Australia, Inggris, Amerika, India, Italia dan Jerman.. Sejak pertama berdiri Plasser & Theurer sudah memproduksi lebih dari 14.900 mesin berat dan mensuplainya ke lebih dari 100 negara dan telah memiliki lebih dari 2000 hak paten untuk bidang mekanik berat perawatan jalan rel.
- 1953 : Pertama kali membuat Mesin Pemadat Batu Ballast dibawah Bantalan (Track Tamping Machine) HGL
- 1954 : Mematenkan penerapan getaran/vibrasi pada alat pemadat batu ballast (Tamping Unit)
- 1955 : Menciptakan Hydraulic Track Tamping Machine tipe VKR 01, dan mulai memasarkan untuk pertama kalinya ke negara Jerman
- 1956 : Sudah mengekspor mesin beratnya ke 5 negara
- 1957 : Pertama kalinya mengekspor ke Inggris dan Amerika Serikat
- 1958 : Membangun pabrik baru di Kompleks Perindustrian Linz, Austria dan Memiliki anak perusahaan di Kanada
- 1959 : Pertama kali menciptakan Non-Railway Ballast Cleaning Machine
- 1960 : VKR04, Track Tamping Machine pertama di dunia yang mampu melakukan angkatan/pertinggian (levelling) dan Membangun cabang di negara Jerman, Prancis dan Inggris
- 1961 : Menciptakan mesin VKR04 yang dilengkapi Dinding Kedap Suara (Sound Proofed) dan memilik anak perusahaan di Amerika Serikat
- 1962 : Menciptakan Tamping Machine untuk wesel (Switches) untuk pertama kalinya, tipe WE75 dan WE275
- 1963 : Memperluas produksi dengan membangun pabrik baru di Freilassing (Jerman), dan membuka cabang di Purkersdorf, dekat Vienna
- 1964 : Menciptakan RM62, Ballast Cleaning Machine (On Rail) yang sudah Full Mechanised
- 1965 : Menciptakan Duo-Matic Series, Tamping Machine dua bantalan sekaligus pertama di dunia
- 1966 : Mendirikan cabang di negara India
- 1967 : Menciptakan MDZ Mechanised Maintance Train, Gabungan 3 Mesin untuk mengoptimalkan perawatan jalan rel dalam sekali operasi
- 1968 : SUZ2000, High-Speed Track Laying machine pertama yang menggunakan metode perakitan
- 1969 : Perluasan Pabrik Utama di Linz, mendirikan Workshop Perakitan dan Pengelasan
- 1970 : 07 Series, Tamping Machine yang menggunakan Desain Standar Perkeretaapian Internasional dan membuka Pabrik baru untuk Plasser American Company di Chesapeake, Virginia
- 1971 : Membuka cabang di Brazil dan Jepang
- 1972 : Plassermatic 07-275, Tamping Machine untuk wesel (Switches) yang mampu melakukan Angkatan ?(Levelling) dan Listringan (Lining)
- 1973 : Menciptakan Rail Welding Machine atau Mesin Las Rel pertama kali di Dunia, tipe K355APT
- 1974 : Mendirikan worksop tamping di Linz
- 1975 : Menciptakan Continous Ballast Cleaning Machine yang bisa beroperasi di Wesel, Perlintasan dan Plain Track untuk pertama kalinya di dunia dan Dynamic Trak Stabilizer
- 1976 : Membuat On-Board computer untuk menghitung pertinggian (Levelling) dan Lestrengan (Lining)
- 1977 : Membuat Rail Crane di Inggris
- 1978 : Menciptakan Universal Ballast Cleaning Machine tipe ZRM77 dan ZRM79 yang mampu beroperasi On-Track dan Off-Track, dan Menciptakan Rail Grinding & Rail Planning Machine. Tipe SBM100 dan SSM60
- 1979 : 08-32/275 Universal Tamping Machine untuk perawatan Wesel dan Track dalam sekali beroperasi
- 1980 : Membuka Pabrik baru di Australia dan Brazil
- 1981 : 26 Februari 1981, Kereta Cepat TGV memecahkan rekor kecepatan 380km/jam diatas Track yang dibangun menggunakan mesin Produksi Plasser & Theurer
- 1982 : Menciptakan Rail Grinding & Planning Machine tipe SBM111 dan menciptakan High-Speed Track Laying Machine SUM 1000 I
- 1983 : Menciptakan 09 CSM Series, Continous Action Levelling, Lining and Tamping Machine | UNIMAT : Universal Levelling, Lining and Tamping Machine dengan tamping unit yang bisa dimiringkan secara individual untuk beroperasi di Wesel dan Track Biasa
- 1984 : GVA Computer, Komputer untuk perhitungan pertinggian dan lestrengan pertama
- 1985 : Menciptakan Kereta Ukur Jalan Rel untuk Perusahaan Perkeretaapian Italia
- 1986 : Menciptakan Mesin Pembersih Bahu Rel (Shoulder Cleaning Machine) tipe FRM100
- 1987 : Membuat EM120-SAT Track Surveying Car
- 1988 : UNIMAT 08-275 3S, Universal Tamping Machine yang dilengkapi Three-Rail-Lifting
- 1989 : Mengembangkan ALC Computer untuk mengontrol dan merekam hasil kerja mesin
- 1990 : MTW100.017, Catenary Renewal Train pertama di dunia, dengan kemampuan untuk memasang kabel LAA (Listrik Aliran Atas) dan mengatur tegangan kabel
- 1991 : Menciptakan BDS (Ballast Distribution System) Machine
- 1992 : Membuat EM250, Kereta Ukur Jalan Rel yang mampu beroperasi pada kecepatan 250KM/jam
- 1993 : Unimat 09-32 4S, Continous Tamping Machine dua bantalan yang bisa beroperasi di Wesel dan Plain Track pertama di dunia
- 1994 : VM150, Jumbo Scrapper Excavator pertama di Dunia
- 1995 : RM802, Ballast Cleaning Machine pertama yang dilengkapi kemampuan untuk mengganti ballast lama dengan ballast baru
- 1996 : 09-3X Tamping Express, Continous Action Tamping Machine 3 bantalan pertama dengan kapasitas 2.200m/jam
- 1997 : 11.000 mesin berat tipe 09-32CSM sudah berhasil diproduksi
- 1998 : Menciptakan AFKM, Automatic Track Finishing Machine dan RM900, High Capacity Ballast Cleaning Machine
- 1999 : UNIMAT SPRINTER MF, Universal Tamping Machine yang dilengkapi sensor untuk mendeteksi titik-titik yang kurang tepat
- 2000 : RPM2000, Formation Rehabilitation Machine yang dilengkapi Pembersih Ballast
- 2001 : Menciptakan Tamping Machine 09-3X yang dilengkapi dengan Track Stabilizer
- 2002 : APT600, Rail Welding Machine yang dilengkapi pengatur ketegangan rel
- 2003 : SUZ500UVR, High Speed Relaying Train untuk Renewal, Laying dan Removal
- 2004 : UNIMAT 09-32 4S, Continous Action Tamping Machine untuk Wesel dan Plaing track dan dilengkapi Track Stabilizer
- 2005 : Menciptakan 09-4x Tamping Express, Tamping Machine 4 bantalan yang dilengkapi Track Stabilizer
- 2006 : 09-475/4S, Universal Tamping Machine untuk Wesel dan Plain Track
- 2007 : 3 April 2007, Rekor kecepatan terbaru dipecahkan TGV dengan kecepatan 547.8km/h diatas track yang dibangun oleh mesin Plasser & Theurer
- 2008 : Lebih dari 100 unit 09-3X terjual ke seluruh dunia
- 2009 : PRM 100 URM, Formation Rehabilitation Machine., yang mampu meningkatkan jumlah ballast yang di daur ulang dengan menggunakan 3 chain excavator
- 2010 : SUM Q-3, High Speed Relaying Train yang dilengkapi Ballast Transporter
- 2011 : APT1500 RA, Robotic Rail Welding Machine dengan menggunakan teknik Flash Butt Welding
- 2012 : RM802/FRM802, Ballast Cleaning Machine yang sudah dilengkapi teknologi mutakhir
- 2013 : Lebih dari 14.900 Unit mesin berat telah terjual ke 108 negara, dengan total 1.650 di Pabrik Utama (Austria), dan total luas area produksi adalah 250.000m^2
Sekian postingan saya mengenai Sejarah Plasser & Theurer, semoga postingan saya bermanfaat buat yang membaca :)
Keren...
ReplyDeleteapakah indonesia memebeli track laying dari perusahaan itu ?
ReplyDeleteApakah di indonesia mempunyai cabang dari Plasser & Theurer yang pusatnya di austria?
ReplyDelete