Wednesday 1 May 2013

Seputar Mesin Perawatan Jalan Rel (MPJR)

Mungkin di telinga orang awan ini terdengar asing karena kebanyakan orang biasanya mengenal kereta api yang itu-itu saja, yaa semisalnya kalau kita tanya seputar kereta api orang-orang akan menjawabnya dengan jawaban "Lokomotif", "Kereta Penumpang", "KRD", "KRL" dan lain-lain yang biasanya sering kita denger kalo nanyain tentang kereta api.. Sekarang saya mau nyoba berbagi sedikit pengetahuan saya tentang yang namanya Mesin Perawatan Jalan Rel atau disingkat MPJR..

MPJR itu apa sih?
MPJR atau Mesin Perawatan Jalan Rel itu sarana perkeretaapian yang fungsinya untuk merawat jalan rel dari segi apapun.. MPJR ini sangat sangat dibutuhkan keberadaannya di dunia perkeretaapian, kalo ndak ada alat ini mungkin setiap bulannya bakal ada kejadian anjlog, ngguling dan lain lainnya.. Makanya itu yang namanya MPJR pasti ada di setiap negara yang ada kereta apinya...

Oooh gitu, nah terus kita punya MPJR gak?
Jelas punya, kita kan punya kereta api, apalagi perkeretaapian kita bisa dibilang sudah lumayan untuk kelas asia tenggara..

MPJR itu yang kayak gimana sih? Sama kayak lokomotif ato kereta2 yang lain?
Dari segi fisik yang namanya MPJR emang beda dari lokomotif sama kereta-kereta yang lainnya, rata-rata warna bodynya warna kuning cerah ato warna-warna yang gak biasa dipake sama lokomotif/kereta yang laen.. Mungkin orang-orang juga sedikit aneh dengan bentuknya, itu gara2 yang satu ini kebanyakan kalo jalan ato beroperasi tengah malem terus, jadi orang-orang mungkin rada pangling kalo ngeliat alat yang satu ini.. Kecuali kalo rumahnya yang ada pas di pinggir rel yaah mungkin malem-malem malah kebangun gara-gara yang satu ini haha

Fungsi2 MPJR itu ada yang buat apa aja sih?
Fungsi MPJR macem-macem, ada yang fungsinya buat memadatkan batu-batu yang ada dibawah bantalan rel, ada yang fungsinya buat ngerapihin susunan batu-batunya, ada yang buat ngelas relnya, ada yang buat masang relnya, dan laen laen dah.. Kalo disebutin disini satu-satu gak akan cukup xixixixi

Omong-omong kan tiap sarana kereta api ada merek produsennya, kalo MPJR sendiri rata2 mereknya apa?
Sebut merek boleh kan? Hehehe
Sebagian besar merek MPJR kita itu Plasser & Theurer yang pabriknya ada di Austria sono.. Tapi gak semuanya buatan austria. Kalo ndak salah beberapa yang diimpor dari pabrik Plasser yang ada di Australia.. Tapi untuk taun 2013 ini dirjen ngimpor MPJR lain dari Jepang yang mereknya Matisa.. Sebenernya itu juga merek Eropa, tapi ada juga pabriknya yang di Jepang.. Biar lebih bervariasi mungkin haha

Kan kalo truk ada dump truk, pickup, truk boks, dll.. Terus kalo MPJR ada tipe2nya juga gak ya?
Ada kok, kalo buat MPJR tipe-tipenya ada beberapa macem.. Yang pertama MTT atau Multi Tie Tamper yang fungsinya buat memadatkan batu-batu yang ada dibawah bantalan, terus ada PBR (Profile Ballast Regulator), SSP (Super Soldier Plasser [?]), USP (Universal Soldier Plasser) sama KSP (Komfaktor Soldier Plasser) yang fungsinya buat merapihkan susunan batu-batu yang ada di kiri-kanan rel.. Terus ada yang namanya FBW ato Flash Butt Welding, dari namanya juga ada kata "Welding" atau "Las".. Jadi fungsi alat ini buat ngelas rel.. Mungkin sisanya dibahas lain kali aja, soalnya emang agak banyak juga sih hehehehe

Ada foto2 alat2 yang tadi disebutin gak?
Oh ada dong, ini dikumpulin dari berbagai sumber di internet.. Tapi ini foto yang diluar negeri dulu yah, yang di Indonesia nanti dipostnya.. Misalnya ini :

Contoh untuk mesin tipe MTT :

MTT

Contoh untuk tipe mesin PBR/SSP/USP/KSP
PBR
USP

KSP
Contoh untuk mesin tipe FBW/APT

FBW/APT











5 comments:

  1. mas kalau operator saat ini sertifikasinya dari mana ya ? makasih

    ReplyDelete
  2. mas untuk sertifikasinya dari mana ya ? Diklat atau...

    ReplyDelete
  3. mas untuk KUJR biru tipe EM120 itu termasuk produk Plasser & Theurer atau nggak?

    ReplyDelete
  4. Ee btw maaf nih.. Tau harga dr MTT sendiri gak gan? Hehehe pngen tau aja sih tuh mesin gede harganya berapa.

    ReplyDelete