Wednesday, 8 May 2013

Seputar MPJR - Ballast Distributing and Profilling Machine


Sekarang saya bakal ngobrolin sekalian ngeshare masih tentang Mesin Perawatan Jalan Rel, sarana perkeretaapian yang paling saya gandrungi kalau dibandingkan dengan yang lainnya hehehe.. Kali ini saya bakal sedikit ngebahas seputar Ballast Distributing and Profilling Machine.. Monggoo :)

Ballast Distributing & Profilling machine itu apa ya?
Ballast Distributing and Profilling Machine itu kalo ditranslate ke Indonesia kurang lebih artinya mesin pendistribusi dan pengatur struktur batu ballast.. Mungkin mesin ini juga bisa dibilang "tukang cukur" batu ballast. Kenapa saya sebut "tukang cukur ballast"? Karena tugas2 seperti merapihkan, membentuk struktur dan membersihkan sisa-sisa ballast setelah penebaran ballast dipegang oleh jenis mesin yang satu ini

Fungsi utamanya ngapain aja?
Fungsi utamanya kayak yang saya sebutin sebelumnya, yaitu merapihkan susunan/struktur ballast yang tidak sesuai agar rapih dan membersihkan ballast-ballast yang tersisa setelah penebaran ballast yang dilakukan rangkaian kereta barang pengangkut batu ballast (atau railfans nyebutnya KLB kricak) supaya tidak ada ballast yang ketebalannya melebihi permukaan bantalan rel. Semua mesin ini dilengkapi "sayap" yang berguna untuk merapihkan ballast yang melenceng dari badan rel dan sikat yang berguna membersihkan ballastr yang ada diatas permukaan bantalan. Beberapa tipe yang ada belakangan ini malah sudah dilengkapi dengan bak penampung kelebihan ballast, komputer, CCTV, sound proof cabin, track stabilizer

Kalo mesin yang jenis ini bisa disamain kayak MTT gak?
Biar sama-sama MPJR, peranannya tetep beda.. Tapi jenis mesin yang satu ini sering dikombinasikan dengan MTT karena tugasnya gak kalah penting sama MTT, sama-sama merawat kondisi jalan rel agar tetap dalam kondisi prima yang siap dilewati rangkaian kereta api..

Ballast distributing & Profilling Machine itu emang jenisnya? Ato dibagi lagi jadi beberapa tipe?
Ballast Distributing & Profilling Machine itu jenisnya, didalemnya dibagi lagi jadi 5 tipe yaitu : PBR atau Profile Ballast Regulator, SSP atau Super Soldier Plasser, USP atau Universal Soldier Plasser, KSP atau Komfaktor Soldier Plasser dan yang terakhir ada BDS atau Ballast Distributing System.. Semuanya sama-sama bertugas untuk merapihkan, membentuk struktur, membersihkan ballast dan menjaga ketebalan ballast agar tidak melebihi permukaan bantalan rel

Kalo prinsip kerjanya gimana? Sekalian cara kerjanya juga doong
Prinsip kerjanya hampir sama kayak bulldozer dan bajak sawah.. Cara kerjanya setelah ballast ditebar dari rangkaian kereta pengangkut, tugas pertama mesin ini adalah merapihkan ballast supaya tidak ada ballast tercecer yang menempel ke rel, lalu setelah mesin ini selesai MTT memecok track yang sudah diprofil oleh mesin ini sebelumnya, setelah MTT selesai beroperasi mesin ini akan melaksanakan tugas keduanya yaitu kembali merapihkan ballast karena biasanya setelah MTT beroperasi ada ballast yang moncrot atau tercecer di atas bantalan atau di pinggir rel. Ideal sebuah operasi Ballast Distributing & Profilling Machine adalah sebelum MTT beroperasi dan sesudah MTT beroperasi, tapi itu bukan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh operator mesin berat yang bersangkutan.

Ada dokumentasi seputar mesin ini gak?
Oh tentu ada, berikut saya tampilkan foto-foto dan video mengenai tipe mesin diatas beserta sumbernya :)

Wujud asli dari mesin tipe BDS, seri BDS2000
SUMBER

BDS2000
SUMBER
Mesin tipe KSP seri KSP2000
SUMBER

Mesin tipe KVPS, Masih 1 keluarga dengan KSP
SUMBER

Mesin tipe USP seri USP2005
SUMBER

Mesin tipe SSP seri SSP110SW
SUMBER

Mesin tipe PBR seri PBR400
SUMBER
SSP110SW On Work


SSP110 On Work







No comments:

Post a Comment