Sunday 5 May 2013

Seputar MPJR - Multi Tie Tamper Machine



Kesempatan kali ini saya masih menshare seputaran Mesin Perawatan Jalan Rel.. Kalo kemaren saya ngobrolin seputar apa itu MPJR sama Sejarah singkat salah satu brand mesin berat ternama dunia Plasser & Theurer.. Mungkin sekarang dan kedepannya mungkin saya bakal ngobrolin seputar tipe-tipe mesin berat yang diproduksi Plasser & Theurer :)

Apa sih MTT itu?
MTT itu singkatan dari Multi Tie Tamper atau disebut juga Tamping Machine, salah satu jenis mesin berat yang populasinya cukup banyak di dunia ini karena perannya yang sangat penting di dunia perawatan jalan rel.. Mungkin kalo diibaratkan yaa kayak dindingnya rumah... Kalo rumah tanpa dinding kan kurang lengkap tuh.. Entar malah bikin gak nyaman penghuninya xixixixi

Kalo fungsinya sendiri buat apa?
Fungsinya MTT itu buat memadatkan batu-batu yang ada di bawah bantalan.. Nama lain batu-batu yang ada dibawah bantalan itu ballast ato kalo orang-orang kita nyebutnya kricak.. Analoginya gini, ada jalan setapak yang asalnya itu tanah keras, tapi tiap hari dilewatin beban kan entar lama-lama struktur tanah yang padet itu malah jadi turun ato mungkin amblas.. Naah rel kereta api juga sama, tiap hari dilewatin ratusan ato mungkin ribuan ton lama-lama juga kan jadi turun, peran MTT ini berfungsi buat "ndongkrak" rel yang konturnya gak sesuai terutama di tikungan.. Kalo semisalnya di tikungan relnya sesuai sama kemiringan yang sudah ditentukan kan bahaya juga buat keretanya... Selain memadatkan, MTT juga bisa melistring (Meluruskan/Menggeser) rel yang agak goal-geol hehehehe

Ooh gitu, terus kalo MTT itu bisa disamain sama lokomotif gak?
Kalo disamain kurang tepat juga, soalnya dari segi fungsi juga udah jelas beda.. Lokomotif itu fungsinya buat menarik rangkaian kereta api baik barang ato penumpang, kalo MTT itu fungsi utamanya melakukan perawatan jalan rel meskipun dua-duanya sama-sama bisa bergerak individual alias tanpa ditarik sama lokomotif lagi..

Cara kerjanya gimana ya?
Prinsip kerja MTT itu bisa dibilang mirip-mirip alias 11:12 sama mesin press.. Tapi kalo MTT itu mengepress ato memadatkan batu ballast.. Jadi nanti batu ballast yang ada dibawah bantalan itu akan dipadatkan sama salah satu bagian MTT, nama teknisnya disebut tamping unit.. Bahasa lainnya memadatkan ballast itu kata orang-orang sini mah mecok.. Kedalaman pemecokan bisa diatur lewat kabin pengontrol, satuannya pakai milimeter (mm) biar lebih presisi.. Selaen dipecok, rel yang ada juga bakal dilifting atau diangkat, gunanya biar bantalan yang ada dibawah rel tersebut bisa dipadatkan batu ballastnya.. Kurang lebih seperti itu sih hehehe

Hmm gitu ya, ada gambar2nya gak nih seputar MTT ini?
Jelas ada, dibawah ini saya tampilkan gambar dan video mengenai MTT ini :

Gambar yang menjelaskan cara kerja Tamping Unit
SUMBER
Kebanyakan mesin jenis MTT buatan Plasser & Theurer berwujud seperti ini
SUMBER

Wujud asli Tamping Unit 1 Bantalan
SUMBER
Video salah satu MTT yang ada di Indonesia



Tampak dekat bagimana cara kerja Tamping Unit
























No comments:

Post a Comment